Rekap Keseruan perjalanan Internet BAIK Series 7
Jakarta, 07 Desember 2023 – pada tanggal 15 Juni 2023 lalu di Yogyakarta Program Corporate Social Responsibility (CSR) Telkomsel Internet BAIK Series 7 mencapai puncaknya, dengan acara pemberian penghargaan Internet BAIK Heroes di SMAN 1 Sewon Yogyakarta pada 15 Juni. Program yang berlangsung dari Februari hingga Juni 2023 ini bertujuan untuk memperkuat komitmen Telkomsel terhadap prinsip-prinsip berkelanjutan sebagai pemberi dampak sosial digital dalam membentuk karakter bangsa, khususnya memberdayakan generasi muda agar menjadi pengguna internet yang bertanggung jawab, aman, inspiratif, dan kreatif.
Dengan tema 'Inspire, Be Creative, Be Positive,' Internet BAIK mendorong masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan tentang penggunaan teknologi digital yang bertanggung jawab. Program ini juga bertujuan meningkatkan keterampilan digital individu untuk berinteraksi secara positif di ruang digital dengan menciptakan konten digital yang kreatif dan inspiratif.
Selama acara puncak, Telkomsel mengumumkan dan memberikan penghargaan kepada para pemenang Internet BAIK Heroes di berbagai kategori yang diakui atas prestasinya dalam kompetisi online pembuatan konten kreatif yang memberikan dampak positif. Pemenangnya termasuk Yenti Winataria Tumangkeng untuk Creative Educator Heroes, Akbar Fernando Ndabung untuk Creative Family Heroes, Aila Nayandini Putri dan Restu aryaputra untuk Creative Junior Student Heroes dan Creative High Student Heroes, Farah pebrina untuk Best of Short Movie Educator, Parents, & Community, dan Kelas X3 dari SMAN 1 Sewon untuk Best of Short Movie Student. Kategori School Heroes, yang menghormati institusi dengan jumlah content creator terbanyak, diberikan kepada SMKN 1 Karawang. Semua penerima penghargaan berhak atas hadiah total senilai Rp 23.500.000 dalam berbagai kategori.
Saki Hamsat Bramono, Wakil Presiden Komunikasi Perusahaan Telkomsel, menyatakan, "Menurut data yang dirilis oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, pada tahun 2021, pemerintah mengambil tindakan terhadap 565.449 konten negatif dan klarifikasi sekitar 1.773 isu hoaks dan disinformasi. Hal ini menggambarkan bahwa penggunaan teknologi, khususnya di ruang digital, masih dihiasi oleh berbagai konten negatif yang dapat memiliki dampak buruk bagi masyarakat. Oleh karena itu, Telkomsel, melalui program Internet BAIK, berkomitmen untuk berpartisipasi aktif dalam peningkatan literasi digital masyarakat dengan menyediakan berbagai bentuk edukasi, termasuk seminar, pelatihan online, dan kompetisi. Tujuannya adalah mendorong penggunaan internet dan media sosial secara positif, mendukung gerakan nasional SiBerkreasi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk meminimalkan penyebaran konten negatif, seperti hoaks, cyberbullying, dan radikalisme online."
Sepanjang Program Internet BAIK Seri 7 sejak Februari 2023, telah diselenggarakan roadshow di empat kota besar di Indonesia, termasuk Karawang, Bandar Lampung, Makassar, dan Yogyakarta, dengan partisipasi lebih dari 11.421 individu dari 249 kota/kabupaten di 36 provinsi. Peserta memiliki kesempatan untuk mengikuti serangkaian tahapan program, seperti seminar tentang digital parenting, literasi digital, dan pembuatan konten.
Program ini juga mencakup pelaksanaan pelatihan online sebanyak 120 kelas dengan lebih dari 1.800 peserta, menggunakan metode pembelajaran sinkron dan asinkron, pembelajaran berbasis proyek, dan bantuan online terkait penggunaan internet dan pembuatan konten secara kreatif dan inspiratif. Juga diadakan kompetisi online Internet BAIK yang merupakan kompetisi pembuatan konten digital kreatif dan positif, menghasilkan sebanyak 1.183 konten digital dari 271 pembuat konten yang mencakup topik edukasi, hiburan, travel, motivasi, dan informasi.
Internet BAIK sendiri merupakan bagian dari program CSR tahunan Telkomsel yang berlangsung sejak 2016 hingga 2023 (Seri 7), secara konsisten mempromosikan nilai-nilai teladan dalam penggunaan internet dan media sosial. Nilai-nilai ini meliputi bertanggung jawab, aman, inspiratif, dan kreatif. Sejak dimulainya, program ini telah mencakup 249 kota/kabupaten, 780 sekolah, lebih dari 7.000 orang tua, guru, dan anggota komunitas, lebih dari 15.500 siswa SMP dan SMA, menciptakan lebih dari 1.600 duta Internet BAIK dan 271 Content Creator Jagoan Internet BAIK.
Telkomsel mengucapkan selamat kepada semua peserta yang terpilih sebagai pemenang dan menjadi Internet BAIK Heroes di kategori masing-masing. Melalui Internet BAIK, Telkomsel bertujuan untuk meningkatkan keterampilan digital masyarakat, memungkinkan mereka menggunakan internet untuk kegiatan edukatif dan produktif, sambil meminimalkan konten negatif di ruang digital Indonesia melalui konten positif.
Untuk informasi lebih lanjut tentang program Internet BAIK, ikuti perkembangannya di internetBAIK.id dan media sosial Internet BAIK.